Header Ads

Buku Panduan Guru PPKN SMP Kelas VII

Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) SMP Kelas VII

Panduan bagi guru dalam mem-fasilitasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah kelas VII. Yakni untuk menumbuhkan sikap, perilaku, dan pengetahuan kewarganegaraan atau civic disposition, civic skill, dan civic knowledge bagi siswa. Sesuai tujuan tersebut, buku ini dapat diibaratkan sebagai petunjuk manual dalam menggunakan buku siswa sebagai sarana pembelajaran bagi peserta didik. Makin jelas petunjuk manual yang ada, akan makin efektif pemanfaatan buku yang tersedia. Semangat itulah yang digunakan untuk pengembangan buku guru ini.

Untuk itu, pengembangan buku guru ini sepenuhnya didasarkan pada buku siswa Kelas VII yang berlaku. Selain mendasarkan pada buku siswa yang hendak digunakan, pengembangan buku ini juga didasarkan pada pilihan metode yang relevan bagi pembelajaran PPKn untuk Kelas VII, serta beberapa alternatifnya yang paling memungkinkan.

Beberapa prinsip mutakhir dalam pendidikan tentu menjadi hal yang juga diperhatikan dalam pengembangan buku ini, sehingga memudahkan guru untuk mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran. Di antaranya adalah menyangkut sistem pembelajaran yang berpusat pada siswa, pembelajaran kontekstual, serta konsep pembelajaran abad ke-21, Sistem pembelajaran yang berpusat pada siswa mengharuskan orientasi pembelajaran benar-benar menempatkan siswa sebagai titik pusatnya.

Dalam hal ini, bukan materi pembelajaran melainkan peserta didiklah yang perlu menjadi perhatian utama guru. Selama substansinya benar, kelengkapan serta struktur materi bukan yang terpenting dalam pendekatan ini melainkan kemudahannya dalam proses pembelajaran.

Pembelajaran konstektual menjadi aspek berikutnya yang menjadi landasan. Dalam hal ini, proses pembelajaran perlu menggunakan contoh, sarana, hingga metode yang membumi dalam kehidupan peserta didik.

Meskipun demikian, keperluan membumi untuk pemenuhan pembelajaran kontekstual tersebut juga perlu memperhatikan aspek lain yang sangat penting yakni menyangkut konsep pembelajaran abad ke-21.

BACA BUKU:


Ijinkan Instal di handphone saat selesai pengunduhan 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.