Soal dan Jawaban Siap Ujian Matematika SD Kelas 6
Soal-soal Dan Jawaban Pelajaran Matematika SD Kelas 6
1. Hasil dari 40 x 12 : (153 - 113) adalah ....
Pengerjaan secara urut adalah pengurangan dalam kurung, perkalian lalu hasil perkalian dibagi hasil pengurangan.
40 x 12 : (153 - 113) = 40 x 12 : 40
= 480 : 40
= 12
2. Hasil dari 464 – 96 : 16 + 176 adalah ....
Pada soal tersebut terdapat lebih dari satu tanda operasi hitung maka pengerjaannya operasi pembagian dikerjakan terlebih dahulu.
464 - 96 : 16 + 176 = 464 - (96 : 16) + 176
= (464 - 6 ) + 176
= 458 + 176
= 634
3. Hasil dari 298 + (-18) x 47 adalah ...
Perhatikan aturan pengerjaan operasi hitung campuran (kali bagi dikerjakan terlebih dahulu lalu kurang tambah).
298 + (-18) x 47 = 298 + (-846)
= -846
4. Jika 660 +225 : (-15) = n, maka n adalah..
Terdapat penjumlahan dan pembagian, maka yang dikerjakan lebih dahulu adalah pembagian
n = 660 + ( 225 : (-15 ))
n = 660 + ( -15)
n = 660 – 15
n = 645
5. Tini, Tono, dan Tika berencana menggabungkan pita yang mereka miliki. Panjang pita Tini dan Tono adalah dan 2,25 meter. Berapakah panjang pita Tika jika setelah ketiga pita mereka digabungkan menjadi 9,5 meter?
Ubahlah soal cerita dalam bentuk kalimat matematika.
Diketahui:
panjang pita Tini = meter
panjang pita Tono = 2,25 meter
Ditanya:
Berapakah panjang pita Tika jika setelah ketiga pita mereka digabungkan menjadi 9,5 meter?
Jawab:
panjang pita Tika = panjang pita seluruhnya – panjang pita Tini dan Tono
9,5 - (2,25 + ) = 9,5 - (2,25 + 3,5)
= 9,5 - 5,75
= 3,75
Dijadikan desimal menjadi 3,5
Jadi panjang pita Tika adalah 3,75 meter.
6. Hasil dari
90% : 6 x 1,15 adalah ….
12
Ubah semua pecahan dalam bentuk sama (pecahan biasa atau desimal sesuai pilihan Jawaban).
= 0,90 : 0,5 x 1,15
= 1,8 x 1,15
= 2,07
diubah menjadi desimal, karena pilihan jawaban adalah bilangan desimal
Tips &Trik :
Untuk mengerjakan operasi hitung campuran pada bilangan desimal, pecahan biasa, pecahan campuran, dan persen, akan lebih mudah dikerjakan dengan cara merubah semua bilangan menjadi bilangan desimal terlebih dahulu.
7. Anita membeli seutas tali sepanjang 8,25 m . Sebelumnya sudah memiliki 6 3/4 m. Tali tersebut digunakan 1 1/5 m.
Sisa tali yang terpakai adalah ....
Diketahui:
Panjang tali sekarang (a ) = 8,25 m
Panjang tali sebelumnya ( b ) = 6 3/4 m
Panjang tali yang digunakan ( c ) = 1 1/5 m
Ditanya:
Berapa meter sisa tali yang terpakai?
Jawab:
Bilangan dapat dioperasikan dengan yang lain apabila bentuk sama
6 3/4 menjadi 6,75
1 1/5 menjadi 1,20
Maka,
n = ( a + b ) – c
n = (8,25 + 6,75 ) – 1,20
n = 15,00 - 1,20
n = 13,80
Jadi sisa tali yang terpakai adalah 13,80 m
8. Hasil dari
4 2 : 45% x 3 adalah....
3 4
1. Terdapat pembagian dan perkalian maka dikerjakan secara berurutan
2. Apabila bentuk pecahan berbeda harus disamakan terlebih dahulu menjadi pecahan yang sejenis
4 2 = 14
3 3
45% = 45 = 9
100 20
3. Pembagian pada pecahan ditentukan dengan cara mengalikan bilangan yang dibagi dengan kebalikan pembaginya
14 : 9 x 3 = 14 x 20 x 3
3 20 4 3 9 4
= 70 = 7 7
9 9
9. Banyak siswa perempuan di SD Harapan Bangsa adalah 1 1/3 dari banyak siswa laki-laki. Jika jumlah seluruh siswa 252 anak, maka banyak siswa laki-laki adalah ....
Ubahlah soal cerita dalam bentuk kalimat matematika.
Diketahui:
Banyak Perempuan : Banyak Laki-laki
= 1 1
3
Banyak Perempuan : Banyak Laki-laki
= 4 : 3
Jumlah perbandingan banyak perempuan dan banyak laki-laki
= 4+3 = 7
Jumlah seluruh siswa = 252 orang
Ditanya:
Berapa banyak siswa laki-laki?
Jawab:
Banyak siswa laki-laki
= 3 x 252
7
= 108
Jadi, banyak siswa laki-laki 108 orang.
10. Perbandingan banyak buah semangka dengan banyak buah melon adalah 5 : 3. Jika jumlah dua buah 72 biji, maka berapakah selisih antara buah semangka dengan buah melon?
Diketahui:
Perbandingan banyak buah semangka dan banyak buahmelon adalah 5 : 3
Banyak kedua buah tersebut adalah 72 biji.
Ditanya :
Berapakah selisih banyak buah semangka dan banyak buah melon?
Dijawab:
Perbandingan banyak buah semangka : buah melon = 5 : 3, maka diperoleh,
Banyak buah semangka = 5 x 72 = 45
5 + 3
Banyak buah melon = 3 x 72 = 27
5 + 3
Maka , selisih antara buah semangka dan melon adalah sebagai berikut.
45 – 27 = 18
Jadi selisih antara buah semangka dan melon adalah 18 buah.
BACA JUGA BUKU SMK :
BACA JUGA :>>> DAFTAR LENGKAP MENU BUKU
DOWNLOAD APLIKASI .>>Media Buku Sekolah Online<<
Ijinkan Instal di handphone saat selesai pengunduhan
Tidak ada komentar