Buku Dasar Usaha Layanan Pariwisata
Pemerintah dalam hal ini Pusat Perbukuan mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan dengan mengembangkan buku siswa dan buku panduan guru sebagai buku teks utama. Buku ini dapat menjadi salah satu referensi atau inspirasi sumber belajar yang dapat dimodifikasi, dijadikan contoh, atau rujukan dalam merancang dan mengembangkan pembelajaran sesuai karakteristik, potensi, dan kebutuhan peserta didik.
Adapun acuan penyusunan buku teks utama adalah Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022, serta Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 033/H/KR/2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian
Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
Buku teks ini disusun sebagai salah satu buku pegangan peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang membuka program keahlian Usaha Layanan Pariwisata.
Struktur dan isi buku ini dapat memberikan gambaran tentang seluruh rangkaian perkembangan kepariwisataan dan layanan pariwisata.
Buku teks ini dikembangkan mengacu pada elemen yang ada dalam Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan kurikulum standar ASEAN, yaitu Common ASEAN Tourism Curriculum (CATC) yang tertuang dalam capaian kompetensi. Capaian kompetensi tersebut engandung judul-judul kompetensi tertentu yang harus mengacu pada nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila.
Buku Dasar-dasar Usaha Layanan Pariwisata Semester I berisi
Empat bab materi, yaitu :
- Bisnis Industri Pariwisata;
- Kerja Sama yang Efektif dengan Kolega dan Pelanggan;
- Kerja Sama dalam Lingkungan Sosial yang Berbeda;
- serta Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan dalam Bekerja.
Penulis berharap buku ini dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar bagi peserta didik SMK program keahlian Usaha Layanan Pariwisata. Demi kesempurnaan buku teks ini, penulis terbuka terhadap kritik dan saran yang sifatnya membangun dari para pembaca.
Akhirnya, kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan buku teks ini, kami mengucapkan terima kasih.
Jakarta, Juni 2022 Kepala Pusat,
Supriyatno NIP 196804051988121001
Direktur SMK
P.S.E Chairany S
Prihatin Darsini
Petunjuk Buku
BAB 1
Bisnis Industri Pariwisata
A. Wawasan Pariwisata
B. Industri Pariwisata
C. Isu-Isu Global Dunia Industri Pariwisata
D. Lapangan Kerja dan Jabatan Kerja di Bidang Pariwisata
BAB 2
Kerja Sama yang Efektif antara Kolega dan Pelanggan
A. Berkomunikasi di Tempat Kerja
B. Menerapkan Bantuan untuk Pelanggan
C. Karakter Kinerja Positif
D. Bekerja dalam Satu Tim
BAB 3
Kerja Sama dalam Lingkungan Sosial yang Berbeda
A. Komunikasi Antarbudaya
B. Menyikapi Perbedaan Antarbudaya
BAB 4
Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan dalam Bekerja
A. Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan di
Tempat Kerja
B. Menangani Keadaan Darurat dan Mengantisipasi
C. Mempertahankan Standar Penampilan Pribadi
D. Jaminan Produk dan Pelayanan Pariwisata Indonesia
DOWNLOAD APLIKASI .>>Media Buku Sekolah Online<<
Ijinkan Instal di handphone saat selesai pengunduhan
BACA JUGA : DAFTAR MENU BACA Media Buku Sekolah Online
Tidak ada komentar